Tips hijab saat terik

21 April 2019 - Kategori Blog

SEPERTI yang kita ketahui, Indonesia adalah negara tropis. Di mana itu artinya, musim yang ada hanyalah musim panas dan musim hujan.

Seperti halnya musim hujan, di musim panas pun kita harus cerdik dalam berpenampilan, termasuk para hijabers yang notabene menutup aurat dengan tambahan mengenakan hijab

Cerdik di sini dalam artian, adalah cermat dalam memilih material bahan, model, hingga warna hijab yang dipakai agar diri tidak merasa gerah karena cuaca sudah sangat panas ditambah sinar terik matahari.

Penasaran seperti apa triknya? Berikut uraian singkat trik mengenakan hijab di musim panas, menghimpun berbagai sumber, Okezone, Jumat (1/2/2019).

1. Bahan yang tepat

Lupakan dulu hijab motif-motif cantik namun berbahan tebal. Hindari memaksakan diri memakai hijab dengan kain yang panas dan tidak menyerap keringat. Hindari hijab dengan bahan rayon, sifon, atau satin. Pilih hijab berbahan seperti katun, poliester, voile, linen atau sutra. Di mana bahan seperti yang disebutkan di atas adalah material kain yang sejuk, nyaman, tidak panas, menyerap keringat, sekaligus lembut.

2. Model hijab

Saat cuaca terik, suhu tubuh kita karena cuaca yang yang terik menjadikan kita menjadi gampang panas. Hindari mengaplikasikan model hijab yang rumit, cukup kenakan model yang simpel dan mudah dan tidak menganggu aktivitas berwudu misalnya seperti model hijab segi empat. Selain itu hindari menggunakan terlalu banyak aksesoris di hijab. Selain memudahkan pemakaian hijab, ini juga bertujuan agar kepala tidak terasa berat.

3. Warna

Sebisa mungkin tidak memakai hijab berwarna-warna gelap seperti hitam, biru gelap, dan warna-warna gelap lainnya. Alih-alih pilih warna gelap, pilihlah hijab yang punya warna cerah dan terang. Sebab, warna – warna terang akan lebih membuat sejuk, karena warna terang punya sifat memantulkan panas sehingga tidak diserap oleh kain untuk tubuh. Berbeda dengan kain dengan warna gelap yang lebih menyerap warna.

4. Rambut

Trik lainnya ialah soal rambut, sebisa mungkin keringkan rambut terlebih dahulu sebelum menggunakan kerudung, pastikan rambut dalam keadaan kering ketika hijab dipakai. Rambut yang basah atau lembap bisa membuat tubuh merasa gerah saat beraktivitas di siang hari, apalagi saat cuaca dalam keadaan panas.

 BACA JUGA : Wajah Segar dan Flawless, Ternyata Ini Rahasia Cantik Laudya Cynthia Bella

5. Pakai tambahan topi

tidak tahan karena sinar matahari begitu terik menyengat, bila diperlukan sah-sah saja kok menggunakan topi berukuran besar untuk melindungi kepala. Ini juga membantu agar matahari tidak terpapar langsung masuk ke bahan jilbab dan menyerap masuk ke kulit kepala. (OKEZONE.COM)

 
Chat via Whatsapp